Pahe Dispendukcapil untuk Kado HJKS ke-724

Oleh Administrator
Jumat, 28 April 2017 17:31 — tag : dispenduk

Bagikan

 

SURABAYA (WIN) - Program inovasi 2 paket hemat (pahe) yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kota Surabaya merupakan kado bagi masyarakat di Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-724 yang akan diperingati setiap bulan Mei.

“Inovasi pahe ini digelar agar warga kota Surabaya dapat merasakan kemudahan pelayanan dari kami,” kata Kepala Dispendukcapil Muhamad Suharto Wardoyo kepada wartawan di kantor humas Pemkot Surabaya, Kamis (27/4/2017).

Selama peluncuran program pahe pada awal bulan April lalu, Suharto mengaku pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke Rumah Sakit Dr Soewandhie dan rumah sakit Bakti Darma Husada juga beberapa Puskesmas agar tiap kelahiran langsung diinput.

Ke depannya, semua rumah sakit di Surabaya juga akan disosialisasikan dalam program pahe ini untuk melayani warga yang bersalin agar mengurus akta kelahiran dan kartu keluarga dalam 1 paket secara online.

“Jadi kalau bisa sebelum pulang, ibu-ibu yang telah melahirkan anaknya di rumah sakit di Surabaya sudah mendapatkan akta kelahiran dan kartu keluarga baru. Ini dapat meningkatkan kepuaan bagi masyarakat Surabaya kan,” ujarnya.

Inovasi baru yang diluncurkan oleh Dispendukcapil kota Surabaya dengan pahe 2 pelayanan ada;ah pelayanan pencetakan akta kelahiran ditambah kartu keluarga (KK) dalam 1 paket serta pencetakan akta kematian dan kartu keluarga di paket ke 2 nya.

Sejak diterapkan pada 3 April lalu hingga 26 April, sudah ada 2383 warga yang merasakan kemudahan paket pengurusan akta kelahiran dan kartu keluarga (Pahe 1). Sementara untuk paket pengurusan akta kematian plus kartu keluarga, sudah ada 877 warga. Jadi total keseluruhan selama 3-26 April, sudah ada 3260 lembar akta kelahiran, akta kematian dan kartu keluarga. (wh)

comments powered by Disqus