Gus Ipul: Jepang Memiliki Arti Penting Bagi Perekonomian Jatim

Oleh Administrator
Jumat, 28 April 2017 17:20 — tag : jepang

Bagikan

 

SURABAYA (WIN) - Wakil Gubernur Jatim, H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, Jepang memiliki arti penting bagi masyarakat dan pemerintahan provinsi Jatim. Nilai investasi Jepang juga masih cukup tinggi dan terus mengalami peningkatan. 

“Secara ekonomi, investasi Jepang di Jatim pada triwulan III tahun 2016 tercatat Rp 6,3 triliun,” kata Gus Ipul ketika menghadiri resepsi perpisahan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya Yoshiharu Kato di Hotel JW Marriott Surabaya, Selasa (25/4/2017) malam. 

Gus Ipul mengatakan, saat ini investasi Jepang di Jatim terdiri dari 63 proyek dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 7.051 orang. 

“Catatan ini otomatis menempatkan investasi Jepang pada urutan pertama di Jatim,” kata Gus Ipul. 

Menurut Gus Ipul, tercatat ada sekitar 830 orang warga Jepang yang tinggal di Jatim, dan Jatim saat ini juga memiliki sister province dengan Prefektur Osaka sejak tahun 1984. 

Melalui kerjasama ini juga telah dilakukan beberapa kegiatan diantaranya pertukaran pelajar SMA dan SMK serta pelatihan di bidang pengembangan UMKM. 

“Saya dan Mr Kato ini sudah seperti saudara. Kami sering bicara tidak hanya pada jam kerja. Komunikasi ini membuat hubungan Jepangdan Indonesia, khususnya Jatim jadi makin baik,” kata Gus Ipul. 

Sementara itu, Kato sendiri mengaku sangat terkesan dengan Jatim. Dia juga mengungkapkan kekagumannya pada Jatim. 

“Saya kagum pada kecantikan pantai Prigi di Trenggalek. Banyuwangi juga punya banyak objek wisata menarik, sedang Jember menurut saya kota yang bersih dan hijau. Semuanya menyenangkan,” paparnya. (red/dn-2)

comments powered by Disqus