Gus Ipul : Masjid Berperan Bantu Pemerintah Deteksi Masalah Sosial

Oleh Administrator
Senin, 03 April 2017 01:05 — tag : gus ipul

Bagikan

SURABAYA (WIN) - Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf menilai, bahwa masjid dapat berperan penting dalam membantu pemerintah mendeteksi masalah sosial masyarakat. Caranya dengan mendirikan koperasi hingga membuat klinik kesehatan disekitar masjid. 
 
Hal tersebut disampaikan dihadapannya dihadapan ratusan jamaah pengajian akbar dalam rangka memperingati Rojabiyah di Masjid Besar Al-Karomah Buduran, Sidoarjo, Sabtu (1/4) malam. 
 
Ia mengatakan, saat ini banyak permasalahan sosial yang muncul ditengah-tengah masyarakat. Perintah sholat dan peduli sesama berdiri sejajar dan beriringan. Bahkan, dalam Al-Qur’an sering disebut bahwa hubungan antara manusia dengan Allah sangat penting (Habbluminallah). Akan tetapi, hubungan antar sesama manusia dengan manusia (Habblumiannas) juga harus seimbang. 
Menurutnya, dengan mendirikan koperasi maupun klinik kesehatan di area masjid tersebut dapat digunakan oleh seluruh masyarakat yang membutuhkan bantuan sehingga cepat tertangani. 
 
Gus Ipul menegaskan bahwa selain berperan sebagai tempat ibadah, masjid juga dapat dimakmurkan dengan kegiatan positif seperti majelis dzikir, Taman Pendidikan Al Qur'an (TPQ), koperasi, klinik kesehatan hingga pelatihan yang produktif sehingga masjid lebih makmur. "Jika hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja, saya yakin masjid banyak tutupnya dibanding buka'nya," ujarnya.
 
Ia mengakui, bahwa pemerintah memiliki keterbatasan untuk dapat mendeteksi dan membantu masyarakat yang ada di daerah. Tidak semua masyarakat terbantu oleh pemerintah. Untuk itulah, peran masjid dalam membantu ummat sangat besar peranannya. 
 
“Inilah yang dinamakan simbol kepedulian terhadap sesama masyarakat,” imbuhnya. Saya titip, jangan sampai disekitar masjid ada orang-orang dhuafa’atau susah yang luput dari pantauan kita. Terutama jika terdapat saudara kita yang kurang mampu," ungkapnya. 
 
Gus Ipul berharap, keberadaan masjid bisa terus ditingkatkan dan dimakmurkan agar masyarakat memperoleh manfaat dari adanya masjid ini. "Saya berharap, masjid ini terus diisi dengan berbagai macam kegiatan positif. Masjid ini juga harus dirawat dan dijaga kebersihannya agar jamaah betah dan lebih khusuk dalam beribadah," tutupnya. (nn/red). 

comments powered by Disqus