Ini Alasan Kenapa ASI Menyehatkan

Oleh Administrator
Kamis, 22 September 2016 19:33 — tag : asi

Bagikan

JAKARTA (WIN) - Pada usia 6 bulan pertama, bayi hanya membutuhkan air susu ibu (ASI) untuk makanannya. Hanya dengan ASI, Tuhan sudah mencukupkan kebutuhan gizi bayi sehingga buah hati Anda dapat tumbuh dan berkembang.

Namun lebih dari itu, ada alasan tersendiri mengapa bayi begitu membutuhkan ASI? Konsultan gastroentologi anak dari Divisi Gastrohepatologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI, RSCM, Dr.Badriul Hegar, Ph.D.Sp.A (K) mengatakan, selama 6 bulan pertama, saluran cerna bayi masih belum matang untuk bisa mencerna makanan. Saluran cerna bayi di usia tersebut juga rentan terinfeksi kuman-kuman patogen (penyakit).

“Nah, selain mengandung nutrisi, ASI juga mengandung growth factors yang dapat meningkatkan kolonisasi bakteri Bifidobacteria atau Lactobacillus untuk mencegah invasi kuman patogen dalam saluran cerna yang masih belum matang tersebut,” jelas Dr.Badriul Hegar talkshow bertema Nutition for Long Term Health: The Role of Protein yang diselenggarakan oleh Nestle NANkid pHPro 3 di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Lebih lanjut, kata Dr.Badriul, antibodi dalam ASI juga membantu proteksi bayi. “Antibodi ini diperlukan selama mukosa saluran cerna bayi belum matang dan kemampuan sistem imun belum maksimal hingga usia bayi mencapai 6 bulan,” tandas Dr.Badriul. (idn)

comments powered by Disqus